Jurus Akuisi Lahan

Tanah merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki jika kita ingin menjalankan bisnis properti. Namun banyak pelaku yang kesulitan untuk mendapatkannya karena memerlukan biaya yang besar untuk mengakuisisi lahan. Namun ada metode yang tepat sehingga Anda dapat menekan modal dalam mendapatkan lahan.

Perlu Anda ketahui ada beberapa cara dalam mendapatkan tanah untuk dibangun menjadi perumahan seperti :

Beli putus.

Ini merupakan cara termudah dalam mengakuisisi lahan. Anda tinggal incar lahannya, lakukan tawar menawar, cocok harga kemudian bayar. Namun cara ini memerlukan biaya yang sangat besar.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membeli tanah yaitu luas lahan. Setelah transaksi, BPN akan melakukan pengukuran ulang atas lahan tersebut. Dalam sejarah, luas lahan cenderung berkurang, luasnya tidak seperti yang tercantum pada sertifikat.

Beli bertahap.

Cara ini sama dengan cara pertama. Namun jangka waktu pembayarannya dilakukan beberapa kali sesuai dengan kesepakatan bersama. Adapun skema pembayarannya bisa berupa termin waktu, berdasarkan progres kegiatan dilapangan ataupun gabungan keduanya.

Jika berupa termin waktu, Anda bisa melakukan pembayaran, misalnya, 6 kali pembayaran dalam tempo 6 bulan. Sedangkan jika berdasarkan progres kegiatan proyek termin pembayarannya seperti berikut : tahap pertama berupa tanda jadi/DP, kemudian dibayarkan setelah perijinan selesai, tahap pembayaran selajutnya setelah sertifikat jadi, kemudian pecah sertifikat dilakukan pembayaran sisanya.

Kerjasama pemilikan.

Jika Anda mendapatkan lahan dengan cara kerjasama pemilikan, hal ini merupakn hot deal dalam bisnis properti. Pemilik tanah kita berikan bagi hasil keuntungan atas kepemilikannya dan cara pembayarannya berdasarkan unit yang terjual. Anda bisa memberikan keuntungan ganda kepada pemilik tanah yaitu mendapatkan uang sesuai dengan harga kesepakatan serta mendapatkan tambahan keuntungan dari hasil penjualan unit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: