Pemodalan Bisnis Properti

Modal besar. Itulah yang sering terlintas oleh orang-orang yang akan terjun ke bisnis properti. Membayangkan modal besar yang harus dikeluarkan membuat banyak orang enggan untuk menjalankan bisnis ini. Padahal modal tersebut bisa didapatkan tanpa harus menggunakan uang sendiri.
Ada banyak sumber modal yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan bisnis properti seperti menggunakan uang dari pihak bank atau investor. Berikut ini adalah beberapa sumber modal yang bisa digunakan selain menggunakan uang sendiri.

Investor.
Salah satu sumber modal untuk menjalankan bisnis ini adalah dengan menggunakan uang investor. Anda bisa membuat proposal kerjasama dengan investor yang akan membiayai bisnis Anda. Untuk bagi hasilnya tidak ada aturan yang baku. Bisa 50:50, 40:60 atau 30:70. Semua tergantung pada kesepakatan bersama.
Yang diinginkan investor sebenarnya sederhana yaitu apa jaminan dari uang yang mereka berikan (keamanan), berapa hasil yang didapatkan (keuntungan) dan berapa lama hasil bisa di dapat (waktu). Jika Anda dapat mengakomodasi ketiga hal tersebut, maka Anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan investor.

Pemilik tanah.
Tanah merupakan hal mutlak yang harus dimiliki dalam menjalankan bisnis ini. Jika Anda tidak mempunyai lahan sendiri, Anda bisa mengajak pemilik tanah untuk bekerjasama sebagai investor yang menyediakan tanah untuk dikelola menjadi perumahan. Jika Anda ingin bagi hasil dengan pemilik tanah, maka pemilik tanah mendapatkan bagi hasil yang lebih kecil. Kenapa? Karena resiko pemilik tanah terhadap bisnis ini mendekati nol. Selama tidak tersangkut hutang bank, lahan tidak akan hilang akibat kegagalan menjalankan bisnis.

Perbankan.
Bank dengan fasilitas kreditnya bisa menjadi alternatif untuk menjadi investor dalam menjalankan bisnis properti yang sedang Anda jalankan. Fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh perbankan kepada Anda sebagai developer adalah kredit konstruksi. Pencairan kredit ini berdasarkan progres pembangunan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: