Cara Jual Beli Tanah Yang Aman

Tanah merupakan modal pokok utama dalam menjalankan bisnis developer properti, karena tanah hanya diciptakan satu kali dan tidak dapat di perbanyak. Karena terbatasnya lahan dan semakin meningkatnya permintaan hunian membuat tanah menjadi barang langka. Dengan semakin langkanya tanah yang menjadi modal utama dari bisnis developer maka kita sebagai pengembang harus extra hati-hati dalam mengakuisisi lahan.

Periksa Sertifikat.

Pada dasarnya saat kita membeli suatu properti sejatinya kita membeli suratnya. Untuk itu kita harus jeli dalam melihat sertifikat tersebut. Pastikan tanah yang di beli sudah SHM untuk mempercepat proses pembangunan proyek perumahan. Jenis sertifikat SHM relatif lebih aman dibandingkan dengan girik, letter C, petok D, tanah adat atau yang lainnya. Pastikan tanah yang dibeli tidak mempunyai sertifikat ganda atau sedang dalam sengketa.

Pergunakan Jasa Notaris.

Untuk mengurus masalah legalitas dan segala persuratan dalam proses jual beli tanah atau properti lainnya, sangat bijak jika menggunakan jasa notaris. Dengan menggunakan jasa notaris, setiap transaksi yang terjadi mempunyai kekuatan hukum yang kuat dibandingkan jika kita melakukan proses jual beli dibawah tangan. Hal ini juga untuk menghindari adanya konflik di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: