Sharing Profit

Beberapa waktu yang lalu di milis bisnis properti terbesar di Indonesia yang saya moderatori, Yuk Bisnis Properti, sedang hangat membahas masalah berapa sharing profit yang pantas untuk pemilik lahan.

Secara sederhana, ada dua macam skema sharing profit yang bisa kita tawarkan kepada pemilik lahan yaitu sharing profit berbentuk persentase atau menaikkan harga tanahnya.

Sharing profit : Persentase.
Berapakah besaran persentase yang pantas diberikan kepada pemilik lahan? Tidak ada aturan baku berapa besaran persentase sharing profit yang diberikan kepada pemilik lahan. Bisa 10%, 20%, 30% atau lebih. Tergantung dengan negosiasi kepada pemilik lahan. Namun yang perlu diingat, pemberian persentase tersebut harus lebih tinggi dari bunga deposito bank atau lebih tinggi dari bunga kredit bank.

Misalnya bunga deposito rata-rata 3 bank pemerintah adalah 6%, maka besaran sharing profit yang kita berikan 10%. Jika besar bunga kredit bank adalah 10%, maka besar sharing profit yang diberikan adalah 15%.

Jika dalam pengerjaan suatu proyek Anda melibatkan 3 pihak yaitu pemilik lahan, pengolah lahan dan investor, maka contoh pembagiannya adalah 20%:30%:50%. Sekali lagi tidak ada patokan resmi berapa besaran persentase yang harus diberikan kepada masing-masing pihak. Semua murni atas intuisi Anda sebagai pelaksana. Yang harus digarisbawahi adalah, siapa yang memegang resiko terkecil, maka persentase sharing profit yang diterima kecil. Siapa yang mempunyai resiko terbesar, maka menerima persentase sharing profit yang besar.

Sharing profit : Menaikkan harga.
Sharing profit dengan cara ini lebih mudah. Kita hanya tinggal menaikkan harga dasar tanahnya. Misalkan pemilik tanah meminta harganya Rp. 50 ribu/meter, maka kita menawar Rp. 60 ribu/meter. Ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk pemilik lahan, karena pemilik lahan bisa melihat langsung keuntungan yang diterima jika bekerjasama dengan kita. Namun perlu diperhatikan bahwa kita menaikkan harga tersebut setelah melakukan perhitungan yang matang. Untuk perhitungan kelayakan proyek yang Anda kerjakan, mengetahui berapa laba yang diterima dari proyek tersebut, bisa menggunakan software Quick Count yang bisa di download di sini.

Selamat kepada Anda yang telah mempunyai lahan untuk memulai bisnis developer properti. Apapun skema profit sharing yang Anda jalankan adalah tepat bergantung pada situasi dan kondisi di lapangan.

Untuk Anda para pemilik lahan yang ingin lahannya dikembangkan/diolah tetapi binggung untuk memulai, bisa menghubungi Tim Semanggi Property untuk bekerjasama. Kami akan memberikan profit pasti kepada Anda tanpa ikut menanggung kerugian jika terjadi kerugian dalam proyek tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Tim Semanggi Property di 0812.1830.4626 dan 021.3379.6750.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: